WA/SMS: 081286101000, Email: papuamart@gmail.com
Home » Blog » Pengalaman Berjualan di Bukalapak.com

PAPAmart.com at BukaLapak.com

PAPAmart.com at BukaLapak.com

Pada pertengahan tahun 2016 ini Toko Online Tanah Papua memutuskan untuk mulai berjualan di Lapak Online BukaLapak.com. Setelah sehari menambahkan produk di Buaka Lapak, ternyata sambutannya begitu cepat. Sudah ada yang mengklik, melihat-lihat, dan sebelum seminggu, sudah ada orang yang membeli produk saya.

Hal pertama yang kami ketahui dari pengalaman berjualan di BukaLapak.com ialah bahwa banyak calon pembeli yang ada di Buka Lapak sehingga apa yang kami lakukan adalah membawa diri ke tempat ramai, membawa diri ke pasar, membawa diri ke pusat keramaian jual-beli Indonesia. Dengan demikian, sudah nyata banyak orang yang melihat produk kami.

Hal kedua ialah bahwa proses pembayaran yang terjadi dalam sistem Buka Lapak memudahkan calon pembeli dan penjual sehingga begitu mudah melakukan transfer. Uang hasil penjualan disimpan di Buka Lapak dan di kemudian hari dapat dicairkan dengan mudah.

Hal ketiga ialah dari sisi kepercayaan, yaitu bahwa banyak orang di Indonesia sudah percaya kepada reputasi dan kehadiran Buka Lapak sehingga produk yang kami jual tidak dipertanyakan. Kepercayaan calon pelanggan kepada Buka Lapak sudah ada, dan kami menumpang di atas kepercayaan itu.

Hanya satu kekurangan yang kami alami. Kami tidak selalu setiap hari brada di Internet, sehingga sudah tiga kali kami tidak memenuhi pesanan pembelian. Setelah dua hari tidak ada tanggapan dari kami, maka BulaLapak.com secara otomatis membatalkan proses pembelian dimaksud. Kalau saja kita diberi tiga sampai empat hari barangkali akan lebih membantu penjual yang tidak sempat menerima atau menolak proses pembelian yang sudah dilakukan oleh scalon pelanggan. Tetapi dalam waktu singkat sekali BukaLapak.com membatalkan.

Akibat daripada pembatalan dimaksud, maka dalam bulan ke empat kami diberi penilaian secara otomatis di Lapak kami bahwa kami 50% tidak menerima pesanan pembelian dan 50% kami menerima pesanan pembelian, dengan demikian kami diberi lampu kuning bahwa kalau kami kemudian menolak pembelian berikut, maka kami akan masuk ke dalam kelompok kartu merah. Saya berharap BukaLapak.com bisa memperbaiki atau melihat persoalan ini. Ada banyak dari pelapak di Indonesia yang tidak Online atau punya akses ke Internet 24 jam. Kami di Tanah Papua sering terjadi mati lampu, sering terjadi macet total di jaringan Internet, sering terjadi gangguan koneksi, dan banyak dan banyak sekali masalah terkait IT dan Internet. Kalau kita beri waktu sedikit dan kemudian secara otomatis dibatalkan, kami kira ini cukup merugikan pelapak.

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*
*