Hotline: 0967-592677- SMS: 082210183000; Email: info@papua.coffee

Visi

“Menjadi jaringan distribusi dan ritel produk organik yang khas, global dan kompetitif, dengan menekankan keberpihakan kepada kearifan, harapan dan kepuasan konsumen lokal dan kepada lingkungan alam sekitar.”

 

Yang mengandung makna sebagai berikut:

 

1. “Menjadi”

Mencerminkan arah pengembangan KSU Baliem Arabica lewat Unit Distribusi dan Penjualan bernama “PAPUAmart” untuk melakukan terobosan dan perintisan dari badan usaha milik anggota di tingkat lokal menjadi badan usaha yang professional dan mendunia untuk memenuhi kebutuhan konsumen dan mendatangkan keuntungan bagi anggota Koperasi dan/atau investor.

 

2. “Jaringan”

Sekumpulan sel (ritel) yang memiliki bentuk usaha dengan fungsi yang sama, dengan pembagian tugas dan tanggungjawab masing-masing, yang bekerja sama saling menguntungkan satu sama lain untuk mendatangkan keuntungan (secara ekonomi, sosial dan lingkungan alam).

Jaringan juga mengandung arti ketersambungan ke dalam sambungan dan perdagangan secara online menggunakan jejaring Internet.

 

3. “Distribusi”

Kegiatan pemasaran yang berusaha memperlancar dan mempermudah penyampaian barang dan jasa dari produsen kepada konsumen, sehingga penggunaannya sesuai dengan yang diperlukan (jenis, jumlah, harga, tempat, dan saat dibutuhkan)

Distribusi merupakan suatu proses yang menunjukkan penyaluran barang yang di buat dari produsen agar sampai kepada para konsumen yang tersebar luas.

 

4. “Ritel”

Ritel atau “retailler” ialah kegiatan penjualan atau pembelian barang, jasa ataupun keduanya secara sedikit-sedikit atau satu-satu langsung kepada konsumen akhir untuk keperluan konsumsi (pribadi, keluarga, ataupun rumah tangga) dan bukan untuk keperluan bisnis (dijual kembali).

Secara khusus untuk produk Kopi Papua, maka “PAPUAmart” dalam hal ini adalah perantara yang menyalurkan produk dari pabrikan (manufacturer atau KSU Baliem Arabica) ke pengecer (retailer), baik secara online maupun offline.

 

5. “Produk yang khas”

ialah produk yang berasal dari tempat tertentu, dengan nama, bentuk dan citarasa yang unik, dan diproduksi oleh masyarakat tertentu di tempat tertentu pula serta produk yang diproduksi untuk komunitas atau kepentingan masyarakat tertentu seperti buku, pakaian dan makanan.

 

Dalam memajang produk yang dijual, maka terdapat sudut “khas” (atau disebut “specialty corner”) mewakili wilayah dan budaya dari masyarakat serta kebutuhan dari komunitas sekitar “PAPUAmart”.

 

6. “Produk organic”

Produk yang dihasilkan mulai pembibitan, penanaman sampai dipanen tidak diberi pupuk atau pakan kimiawi, melainkan pupuk atau pakan alamiah seperti misalnya kotoran hewan, humus dari tumbuh-tumbuhan, atau sama sekali tidak dibantu dengan pupuk. Artinya juga bebas dari obat pembasmi hama (pestisida) yang mengandung bahan kimia.

 

PAPUAmart” lebih ketat dan lebih ekstrim dalam hal ini dengan tidak memperjual-belikan bahan konsumsi manapun yang menggunakan pupuk, entah pupuk organik maupun pupuk kimia demi memelihara tanggungjawab moral terhadap konsumennya.

 

7. “Secara global”

Secara luas di seluruh dunia.

 

8. “Secara kompetitif”

Berdaya-saing di pasar.

 

 

9. “Dengan menekankan”

Disertai perhatian utama atau khusus dan langkah atau perlakukan yang memihak kepada.

 

10. “Keberpihakan kepada”

Sikap dan tindakan yang diambil secara positif dengan tujuan menguntungkan atau menyelamatkan atau melestarikan kelangsungan hidup bagi ….

 

11. “Kearifan lokal”

Pengetahuan, sistem kepercayaan, norma yang diekspresikan lewat praktek dan produk lokal yang bernilai spiritual, tradisi, seni, budaya ataupun ekonomi yang memberikan ciri khas kepada masyarakat atau tempat tertentu di mana “PAPUAmart” mendirikan usaha dan melayani masyarakat dengan penyediaan bahan-bahan kebutuhan konsumen di sekitarnya.

 

Untuk mengapreasiasi “kearifan lokal” maka “PAPUAmart” memberikan satu sudut khusus untuk jual-beli dan juga konsumsi produk local. Misalnya di seluruh Tanah Papua “PAPUAmart” menyediakan satu sudut (corner) khusus sebagai “para-para pinang” dan “sudut Papeda” di mana orang Papua dapat membeli pinang atau Papeda di “PAPUAmart”.

12 “Harapan konsumen”

Mengandung arti apa saja yang diinginkan oleh pembeli di sekitar tempat usaha, baik bersifat rohaniah dan jasmaniah.

 

13. “Kepuasan Konsumen”

Tujuan konsumen berbelanja ialah untuk memperoleh manfaat (nilai guna) atau kepuasan (utility) sebesar-besarnya dari barang-barang yang dikonsumsi, yaitu kemampuan suatu barang atau jasa dalam memberikan manfaat atau kegunaan atau kepuasan kepada orang yang mengkonsumsinya.

 

Pendekatan nilai guna ordinal lebih diutamakan dalam usaha-usaha “PAPUAmart”, yaitu manfaat yang diperoleh masyarakat setempat dari mengkonsumsikan barang-barang yang dijual “PAPUAmart” yang tidak kuantitif / tidak dapat diukur dari sisi dampak promosi kearifan lokal dan perlindungan alam sekitar.

 

14. “lingkungan alam sekitar”

Keseluruhan komunitas makhluk, terutama ekosistem tumbuhan, hewan dan makhluk-makhluk roh penghuni wilayah dimana “PAPUAmart” mendirikan dan melakukan usaha.

 

 

 Misi

  • Memberikan kepuasan kepada pelanggan / konsumen dengan penekanan utama kepada pada produk organik yang khas dan berkualitas unggul disertai layanan yang memajukan perlindungan alam sekitar dan bersahabat dengan nilai, norma, system dan tradisi masyarakat setempat.
  • Berupaya untuk senantiasa tampil dan memberikan pelayanan terbaik dalam segala hal dengan menjunjung tinggi perilaku dan etika bisnis yang jujur dan benar dalam penetapan harga dan mutu serta pelayanan kepada konsumen.
  • Memelopori dan mengambil-bagian secara giat dalam memajukan kearifan dan kepentingan lokal dan perlindungan alam di wilayah usaha dengan sungguh-sungguh memperhatikan dan menghargai potensi dan kearifan masyarakat setempat serta kepentingan perlindungan dan pelestarian alam.
  • Menjadikan organlisasi jaringan ritel yang unggul, terpercaya dan terus-menerus berbenah dan merubah dirinya agar terus berguna bagi pelanggan, pemasok, karyawan, pemegang saham dan masyarakat pada umumnya serta lingkungan alam sekitar.

Kode Etik

  • Memberikan kepastian kepada konsumen bahwa harga barang yang dipatok “PAPUAmart” ialah harga yang benar, yang artinya “PAPUAmart” tidak berikhtiar mencari keuntungan ekonomi sebesar-besarnya semata, tidak ada “mark-up” dalam penetapan harga. Artinya “PAPUAmart” tidak mempersoalkan mahal atau murahnya produk yang diperjual-belikan, akan tetapi terutama menekankan mutu produk dan harga yang benar yang tidak memberatkan pelanggan dan tidak merugikan bagi “PAPUAmart”.
  • PAPUAmart” tidak memperdagangkan barang-barang produksi non-organik atau yang ditanam dengan menggunakan pupuk dalam berbagai bentuk dan wujud;
  • PAPUAmart” akan terus membiayai kegiatan-kegiatan sosial dan pelestarian lingkungan hidup lewat Yayasan Alam-Budaya Papua dan Yayasan 8+1 dengan tujuan akhir pelestarian lingkungan alam dan manfaat bagi masyrakat setempat.
  • Keberpihakan “PAPUAmart kepada kesehatan konsumen dari produk yang dijual dan kepada komunitas konsumen serta lingkungan di mana mereka berada merupakan etika yang dijunjung tinggi dan dibela oleh seluruh jaringan distribusi KSU Baliem Arabica lewat “PAPUAmart. Artinya PAPUAmart” tidak menjual barang yang diketahuinya membayahakan kesehatan konsumen secara langsung ataupun tidak langsung.

 

 

Nilai

PAPUAmart” menjunjung tinggi nilai-nilai.

  • Kekhasan budaya dan wilayah dari komunitas pelanggan;
  • Pendidikan kepada pelanggan sebagai hak asasi yang melekat kepada konsumen untuk mengenal apa saja yang belanjakan dan dampaknya terhadap diri sendiri dan lingkungan sekitarnya dan alam semesta.
  • Jujur dan transparan dalam pematokan harga.

 

Budaya “PAPUAmart

  • Ramah dan bersahabat terhadap lingkungan dengan integritas tinggi.
  • Inovasi untuk kemajuan yang lebih baik bagi konsumen dan lingkungan sekitarnya.
  • Kualitas produk yang dapat dipertanggungjawabkan.
  • Kualitas layanan yang terpercaya.
  • Kerjasama Team berdasarkan asar kekeluargaan dan gotong-royong.
  • Kepuasan pelanggan dengan selalu terbuka menerima kritik dan saran untuk meningkatkan pelayanan menjadi lebih baik dari waktu ke waktu.
  • Sederhana dan bersahaja dalam penampilan dan pelayanan kepada konsumen.

 

Jaringan:

  1. http://bisnisukm.com/+papua
  • JNE Cek Ongkir

  • MInimarket PAPUAmart.com 2

    Pertigaan Jalan Post 7 Sentani Distrik Sentani Kota, Kabupaten Jayapura Provinsi Papua Perkantoran 1 Atap PAPUAmart.com Group 1. BANANALeafCafe.BIZ; 2. TIketPAPUA.com & pulsaPAPUA.com, PAPUA.click 3. Sahabat Alam Papua (papua.pw) 4. Universal Tao Melanesia.ws 5. Universal-Tao-Indonesia.com 6. Unicity.asia 7. webPAPUA.com, PAPUAweb.net, 8plus1.org 8. Grosir PAPUAmart.com 9. Cargo PAPUAmart.com

    PAPUAmart.com Pusat Yogyakarta

    Mail: Jalan Bedreg No. 39, RT/RW : 08/41. Bedreg, Sambilegi, Maguwoharjo, Depok Sleman, DI Yogyakarta Kode Pos: 55282

    Gudang PAPUAmart.com Jakarta

    PAPUAmart.com Jakarta 1 Jl. Muhammad Kahfi 1 Gg. Nila No. 75 Kel. Ciganjur Kec. Jagakarsa 12630 Jakarta Selatan SMS: 0857-7988-7518 (Mas Gito)
  • Products

    Minimarket PAPUAmart.com Sentani

    Jl. Raya Sentani - Abepura, Hawai, No. 05 Sentani Kota, Kabupaten Jayapura 99352, Provinsi Papua Phone: +62(0)967-592677 Mobile/SMS: Kantor: +62(0)822-2066-2277; Manager: +62(0)812-8610-1000; Ketua Koperasi: +62(0)82113646488